Jumat, 01 Juli 2016

Tentang Ombak Bono

ADS HERE
ADS HERE
tentang ombak bono
Ombak Bono atau kadang biasa juga disebut Gelombang Bono (Bono Wave) terjadi ketika saat terjadinya pasang (pasang naik) yang terjadi di laut memasuki Sungai Kampar. Kecepatan air Sungai Kampar menuju arah laut berbenturan dengan arus air laut yang memasuki Sungai Kampar. Benturan kedua arus itulah yang menyebabkan gelombang atau ombak tersebut.

Gelombang atau ombak bono yang terjadi di muara sungai Kampar, kabupaten Pelalawan, provinsi Riau, Indonesia. merupakan suatu fenomena alam yang unik, terjadi akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.

Bono akan terjadi hanya ketika air laut pasang. Dan akan menjadi lebih besar lagi jika pada saat air laut mengalami pasang besar (bulan besar) diiringi hujan deras di hulu Sungai Kampar. Derasnya arus sungai akibat hujan akan berbenturan dengan derasnya pasang air laut yang masuk ke Kuala Kampar.
Faktor Penyebab Timbulnya Ombak Bono : Aliran air sungai menuju muara, Hujan, Air pasang, Posisi bulan, Tinggi rendah kedalaman air, Lingkungan hutan sekitas Daerah Aliran Sungai (DAS).

lokasi ombak bono sungai Kampar, Riau - Indonesia.

fenomena ombak bono di sungai Kampar, Indonesia
ADS HERE

Artikel Terkait

Tentang Ombak Bono
4/ 5
Oleh